Selasa, 03 Juli 2018

Swedia Lolos Ke Babak Perempat Final

Prediksiskorzamannow Timnas Swedia berhasil melenggang ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah berhasil menaklukkan Swiss dengan skor akhir 1-0 pada laga babak 16 besar yang digelar di Stadion Saint-Petersburg, Rabu malam tadi.

Swedia Lolos Ke Babak Perempat Final


Gol penentu kemenangan Swedia dihasilkan oleh Emil Forsberg pada babak kedua di menit ke-66. Dalam laga ini, sebenarnya Swiss lebih unggul dalam penguasaan bola, dengan persentase 63 untuk Swiss, dan 37 persen untuk Swedia.

Awal babak pertama, Swiss langsung mengambil inisiatif serangan melalui Xherdan Shaqirim yang melakukan tendangan keras, tetapi masih melebar ke sisi kiri gawang yang dijaga oleh Robin Olsen.

Dan Swiss kembali mencapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Kali ini giliran Steven Zuber yang berada pada posisi genlandang. Namun sayang, bola hasil tendangannya masih belum dapat menembus gawang Swedia.

Sementara itu di sisi lawan, Swedia bukan bermain tanpa serangan. Tim yang asuh oleh Janne Anderson juga mencoba melakukan tekanan lewat Marcus Berg. Berhasil mendapatkan ruang, Marcus Berg melakukan tendangan dari dalam kotak penalti, tetapi sepakannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Selanjutnya giliran pemain Swedia yang lain, Albin Ekdal juga mencoba untuk mencetak gol pertama untuk Swedia. Namun upaya yang di hasilkan masih belum menemui sasaran. Hingga babak pertama berakhir, meskipun serangan demi serangan di lancarkan oleh kedua belah tim, masih belum mampu menghasilkan gol dan skor masih bertahan 0-0 hingga akhir turun minum.

Memasuki babak kedua, Swedia mencoba untuk tampil lebih agresif. Emil Forsberg yang mencoba melakukan pergerakan, beberapa kali mampu merepotkan dinding pertahanan Swiss. Namun, usaha ynag di lakukan Forsberg masih dapat diantisipasi oleh barisan pertahanan tim asuhan Vladimir Petkovic.

Sebaliknya pemain belakang Swiss, Ricardo Rodriguez juga mencoba untuk melakukan tembakan dengan kaki kanan di luar kotak penalti, namun bola hasil tendangannya masih dapat diblok barisan pertahanan Swedia.

Dan pada menit ke-66, pendukung Swedia akhirnya bisa bersorak sorai, setelah Emil  Forsberg berhasil menjebol gawang yang di kawal oleh Yan Sommer. 

Forsberg yang melakukan tendangan dengan kaki kanan di luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kiri atas gawang setelah menerima umpan manis dari Ola Toivonen. Tendangan Forsberg sebelumnya sempat mengenai pemain belakang Swiss, Manuel Akanji, sehingga arah bola pun berubah dan berhasil menembus gawang Swiss.

Tertinggal 1-0, Swiss pun kembali mencoba melakukan tekanan terhadap Swedia. Xherdan Shaqiri kembali melakukan tendangan yang mengarah tepat ke tengah gawang, tetapi masih bisa di tepis oleh Robin Olsen.

Setelah itu, giliran Granit Xhaka yang mencoba melakukan tendangan keras dengan kaki kiri di luar kotak penalti, namun usahanya masih belum dapat menembus jala Swedia. 

Lagi-lagi Swiss kembali memperoleh peluang emas. Setelah mendapat umpan silang dari Rodriguez, sang penyerang Haris Seferovic langsung menyundul bola dengan keras, namun Robin Olsen masih dapat menjangkau bola tersebut dan kembali mengamankan gawang Swedia. 

Selalu mendapatkan tekanan, Swedia juga tidak tinggal diam dan melakukan serangan balik. Alhasil Michael Lang mendapatkan ganjaran kartu merah setelah mendorong Martin Olsson yang tengah melakukan serangan di dekat kotak penalti.

Wasit sempat menunjuk titik merah, tetapi setelah melihat ulang video assistant referee (VAR), keputusan tersebut di rarat kembali dan menjadi tendangan bebas untuk Swedia. Namun, tendangan bebas  yang dilakukan oleh Emil Forsberg  masih tidak membuahkan gol untuk Swedia.

Hingga akhir babak kedua selesai, skor tetap 1-0 masih tetap bertahan untuk kemenangan Swedia. Dengan kemenangan tersebut, Swedia berhasil melaju ke bebak perempat final Piala Dunia 2018 dan akan menghadapi Kolombia atau Inggris.

Susunan pemain :

Swedia : 1-Robin Olsen, 4-Andreas Granqvist, 3-Victor Lindelof, 6-Ludwig Augustinsson, 2-Mikael Lustig, 8-Albin Ekdal, 13-Gustav Svensson, 10-Emil Forsberg, 17-Viktor Claesson, 20-Ola Toivonen, 9-Marcus Berg
Pelatih : Janne Anderson

Swiss : 1-Yann Sommer, 5-Manuel Akanji, 20-Johan Djourou, 13-Ricardo Rodríguez, 6-Michael Lang, 15-Blerim Dzemaili, 10-Granit Xhaka, 11-Valon Behrami, 14-Steven Zuber, 23-Xherdan Shaqiri, 19-Josip Drmi
Pelatih : Vladimir Petkovic

0 komentar:

Posting Komentar